Transformasi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan Dengan Program MBKM Untuk Memfasilitasi Siswa Memperkuat Kompetensi Asisten Ahli Dalam Mata Pelajaran AIK

  • Yayat Hidayat Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • M. Naim Madjid Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  • Chusnul Azhar Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) melalui transformasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam rangka memfasilitasi mahasiswa untuk memperkuat kompetensi asisten ahli. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian kepustakaan, dengan studi dokumen, pengamatan dan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Objek material dari penelitian ini adalah permendikbud no 3 Tahun 2020 implementasi dari kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Hasil penelitian menunjukan pengembangan pembelajaran al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam konteks Merdeka Belajar bahwa mahasiswa di prodi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dengan adanya MBKM dan pengembangan pembelajaran keahlian melalui proses penguatan Orientasi Studi Dasar Islam (OSDI), pembelajaran AIK di kelas dan pengayaan Kuliah Intensif Al-Islam (KIAI) memudahkan mahasiswa semester 5&7 untuk menjadi asisten ahli dalam pembelajaran AIK

References

Abdullah Aly. 2018. model pengembangan sekolah Muhammadiyah berkualitas melalui kurikulum AIK. Profetika, Jurnal Studi Islam. vol. 20. No. 1. Juni 2018. hal. 41-53

Al-Islam Intensive Mentoring-Study Guidelines (KIAI), LPPI dan Unires Press 2017.

Al-Islam Intensive Study Guidelines (KIAI), LPPI dan Unires Press, 2017.

Ani Ariyati, Pemikiran Pendidikan Ahmad Dahlan dan Implementasinya Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Disertasi, UIN Raden Fatah Palembang, 2018

Aris Junaidi dkk (2020). Panduan Penyusunan Kurikulum Perguruan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

H.A.R. Tilar. (1999). Pendidikan Kebudayaan, dan Masyarakat madani Indonesia; Strategi Reformasi Pendidikan Nasional. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Majelis Dikti, Education Principal of AIK PTM, tahun 2013.

Noor Amirudin. 2016. Peran Pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK) dalam Peningkatan Perilaku Keberagaman Mahasiswa Universitas Gresik. Jurnal Didaktika, vol. 23. No. 1, September 2016.

Republic of Indonesia Teacher and Lecture Law No. 14 2005

Robinson, James. T. The natur of science and science teaching. California: wadsworth publishing company, inc.

Semiawan, Conny, 2000. “The Relevancy of Education Curriculum in The Future” in Sindhunata (ed) “Open the Future of Our Next Generation”. Jogjakarta: Kanisius, page. 19-31.

Sing, G.,Donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study into The Effects of elearning on Higher Education. Journal of University Teaching and Learning Practice, 2 (1).

Sumarna. S. “The Development of Mathematics & Sciences Education on Indonesia’s Education Master Plan 2005-2009”. The Paper of National Seminar on Research, Education and Implications of Mathematics & Science. 2th August 2004.

Sutrisno & Suyadi (2016). Desain Kurikulum Perguruan Tinggi. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Syamsul Nizar (2008). Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published
2023-04-30
How to Cite
Hidayat, Y., Madjid, M. N. and Azhar, C. (2023) “Transformasi Pembelajaran Al-Islam Kemuhammadiyahan Dengan Program MBKM Untuk Memfasilitasi Siswa Memperkuat Kompetensi Asisten Ahli Dalam Mata Pelajaran AIK”, Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek, 4(2), pp. 93-100. doi: 10.52232/jasintek.v4i2.110.