Rancangbangun Mesin Pencetak Batako Sistem Gravitational Drop And Vibration Menggunakan Matras 4 Cavity Untuk IKM Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan

  • Yon Haryono Universitas Surabaya
  • Beny Lianto Universitas Surabaya
  • Hudiyo Firmanto Universitas Surabaya

Abstract

Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan memiliki potensi untuk dikembangkan berbagai jenis wirausaha. Upaya penguatan sentra-sentra kerajinan berbasis lokal terus digalakkan dan diberdayakan, diantaranya sentra pembuatan pembuatan bata merah, gypsum dan mebel. Seperti kebanyakan industri kecil, pelaku usaha di desa ini juga menghadapi berbagai permasalahan yang menghambat perkembangannya, yaitu permodalan, pengelolaan usaha dan keuangan, pemasaran, ketrampilan tenaga kerja dan keterbatasan fasilitas produksi. Dengan meningkatnya kebutuhan bahan bangunan dan tersedianya bahan baku lokal berupa pasir yang cukup melimpah, maka dinamika usaha di desa Bungur perlu dilakukan diversifikasi dalam bidang industri pembuatan batako. Peralatan produksi yang digunakan oleh industri batako skala kecil pada umumnya menggunakan alat pencetak batako manual, yang digerakkan menggunakan tenaga manusia. Dengan menggunakan alat manual, kualitas dan kapasitas batako yang dihasilkan akan rendah, karena itu perlu dilakukan rancangbangun mesin pencetak batako yang memiliki kinerja yang lebih baik. Aktivitas rancangbangun ini telah menghasilkan mesin cetak batako berpenggerak motor diesel 8 HP, kapasitas produksi 160 batako/jam dan menggunakan sistem gravitational drop dan vibrasi serta matras 4 cavity.  Kombinasi dari ketiga subsistem ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas batako yang produksi

References

Adhi, I., dan Okariawan, I., (2016). Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Batako dengan Pemanfaatan Limbah Abu Terbang dan Penggunaan Mesin Cetak Getar. Jurnal Abdi Insane Unram, Vol. 2, No. 3, hal. 77-80.

Abdulhalim, Restu, A., dan Pitrandjalisari, V. (2014). Perancangan Mesin Pembuat Batako Styrofoam Untuk Pengusaha Kecil. Jurnal Widya Teknika, Vol. 22, No. 2, hal. 61-65.

Burhanuddin, B. dan Darmanijati, M. R. S. (2018). Pemanfaatan Limbah Plastik Bekas Untuk Bahan Utama Pembuatan Paving Block. Jurnal Rekayasa Lingkungan, vol. 18, no.1.

Christina, R., Anggraini, I., M., Syahwanti, H. (2020). Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Plastik Sebagai Bahan Block Untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Pada Mahasiswa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Iron (Sipil, Elektro, Mesin), Vol.3 no.1 hal.179-187

Riman, Irawan, D., dan Putri, C., F. (2013). Pencetak Paving dan Batako Bokashi Kombinasi Mekanis dan Hidraulis Untuk Meningkatkan Produktifitas. Jurnal Widya Teknika, Vol. 21, No.1, hal. 33-36.

Sinaga, E., J., Mujiono, & Sudiasa, I., N., (2017). Perancangan dan Pembuatan Mesin Pencetak Batako Untuk Meningkatkan Hasil Produksi Di Desa Jatiguwi Sumberpucung Malang. Jurnal Industri Inovatif, Vol. 7, No. 1, hal. 12-14.

Sriyanto, N., B., Aryono, S., & Saptono, H. (2014). Rancang Bangun Mesin Pencetak Paving Block dengan Sistem Vibrator Untuk Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Produk UKM. Jurnal Dianmas, Vol. 3, No. 1, hal. 53-58.

Published
2021-10-31
How to Cite
Haryono, Y., Lianto, B. and Firmanto, H. (2021) “Rancangbangun Mesin Pencetak Batako Sistem Gravitational Drop And Vibration Menggunakan Matras 4 Cavity Untuk IKM Desa Bungur Kecamatan Tulakan Kabupaten Pacitan”, Jurnal Aplikasi dan Inovasi Iptek, 3(1), pp. 1-8. doi: 10.52232/jasintek.v3i1.64.